Tips Berolahraga yang Baik dan Benar

Olahraga memang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran kita. Namun tahukah anda jika olah raga secara berlebihan dan tidak dilakukan dengan benar akan membuat tubuh kita menjadi tidak sehat bahkan malah membuat kita celaka saat belorah raga. Berikut beberapa tips olah raga yang baik dan benar: 1.  Pemanasan Sebelum Olahraga
Pastikan anda melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga. Otot-otot kita harus dipersiapkan sebelumnya. Lakukan selama 5-10 menit dengan aktivitas perlahan.  Karena tanpa melakukan pemanasan otot akan bekerja secara tiba-tiba dan akan menyebabkan keram.

2. Gunakan Sepatu yang Sesuai
Gunakanlah sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga yang akan anda lakukan. Misalnya Joging gunakanlah sepatu kets yang tidak licin sehingga terhindar dari terpeleset ataupun cedera engkel. Jika olahraga Futsal gunakan sepatu khusus futsal, jangan menggunakan sepatu kets. Karena lantai lapangan futsal menjadi licin jika menggunakan sepatu kets. Dan banyak orang yang cedera dilapangan futsal karena menggunakan sepatu yang tidak tepat.
3. Lakukan dengan Continues

Olahraga yang benar dan baik untuk kesehatan adalah dengan cara continues. Jangan melakukan olehraga dengan memforsir tenaga. Lakukan olah raga seminggu maksimal 3 kali jangan lebih dari itu. Ini harus dilakukan secara teratur untuk menjaga kebugaran. Bedakan antara olah raga prestasi dengan olahraga kebugaran. Sesuaikan dengan kondisi badan kita.
4. Lakukan Pernafasan yang Teratur Saat Berolahraga

Berolahraga harus sampai berkeringat dan bernafas dengan dalam. Ini dilakukan untuk menjaga pernafasan dan denyut jantung yang cepat. Jangan sampai timbul rasa tidak nyaman, usahakan denyut jantung meningkat sampai 60-90 % dari normal. Minimal 2 kali lebih cepat dari detak normal.
5.  Pendinginan Setelah Olahraga

Sebagian besar orang melakukan setelah melakukan olahraga langsung minum dan mengkonsumsi makanan. Ada baiknya lakukan pendinginan terlebih dahulu baru minum dan makan, hal ini untuk menghindari suhu tubuh yang panas setelah berolahraga. Selain itu juga untuk menghindari terjadinya kaku pada otot dan pusing setelah berolahraga.

6. Jangan Sepelekan Jika Terjadi Cedera
Jika terjadi kecelakaan saat berolahraga, misal keseleo jangan didiamkan dalam waktu lama. Jika dalam waktu satu minggu tidak sembuh ada baiknya periksakan kedokter. Karena terjadi sesuatu pada tulang dan otot anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: