Pengertian Hukum Perdata

images.jpgkrtunHukum perdata adalah segala peraturan hukum yang mengatur hubungan hukum antara orang yang satu dengan orang yang lain. dalam definisi ini ada beberapa unsur yang perlu dibahas, unsur-unsur tersebut adalah

  1. peraturan hukum (rechtsregel, rule of law)
  2. hubungan hukum (rechtsbetrekking, legal relation)
  3. orang (persoon, person)

peraturan hukum

peraturan artinya rangkaian ketentuan mengenai ketertiban, peraturan itu ada tertulis dan ada yang tidak tertulis, hukum artinya segala peraturan tertulis dan tidak tertulis yang mempunyai sanksi yang tegas terhadap pelanggarnya. Istilah “perdata” berasal dari bahasa Sangsekerta yang berarti warga (burger), pribadi (privaat), sipil, bukan militer (civiel). Hukum perdata artinya hukum mengenai warga, pribadi, sipil, berkenaan dengan hak dan kewajiban.

hubungan hukum

Hubungan hukum adalah hubungan yang diatur oleh hukum. Hubungan yang diatur oleh hukum itu adalah hak dan kewajiban warga pribadi yang satu terhadap pribadi yang lain dalam hidup bermasyarakat. jadi hubungan hukum adalah hak dan kewajiban hukum setiap warga atau pribadi dalam hidup bermasyarakat. Hak dan kewajiban tersebut apabila tiodak dipenuhi dapat dikenakan sanksi menurut hukum.

orang

orang adalah subjek hukum, yaitu pendukung hak dan kewajiban, pendukung hak dan kewajiban ini dapat berupa manusia pribadi dan badan hukum. manusia pribadi dan badan hukum hukum mungkin warga negara indonesia dan mungkin juga warga negara asing. manusia pribadi adalah gejala alam mahluk hidup ciptaan Tuhan, yang mempunyai aklal, perasaan, kehendak. Sedangkan badan hukum adalah gejala yuridis, badan ciptaan manusia berdasarkan hukum.

Dari uraian mengenai definisi hukum perdata tersebut dapat dikenal adanya hukum perdata tertulis dan tidak tertulis, hukum perdata dalam arti luas dan dalam arti sempit, hukum perdata nasional dan hukum perdata internasional. hukum perdata tertulis adala hukum perdata yang dibuat oleh undang-undang, yang diundangkan dalam lembaran negara (statsblad) contohnya ialah hukum perdata barat yang dimuat dalam B.W. (KUHpdt) yang diundangkan dalam Stb. 1847-23), undang-undang perkawinan No 1 tahun 1974 yang diundangkan dalam L.N tahun 1974 No. 1. Hukum perdata tidak tertulis adalah hukum perdata yang hidup dan berkembang dalam masyarakat dan dibuat oleh masyarakat, bukan oleh pembuat undang-undang.

3 Responses to Pengertian Hukum Perdata

  1. van mengatakan:

    update kyknya nih

  2. van mengatakan:

    ok

  3. ayu mengatakan:

    siiip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: