4 Rahasia Mencari Lowongan Kerja

Pada zaman ini, untuk mendapatkan sebuah pekerjaan itu memang sangat sulit. Mungkin banyak informasi yang menyediakan tentang info lowongan kerja, namun terkadang mereka selalu merekrut karyawannya dengan berbagai persyaratan yang cukup rumit, bahkan sebagian besar pencari kerja tidak dapat memenuhi sepenuhnya kriteria yang diinginkan perushaan.

Mungkin banyak informasi yang menyediakan lowongan kerja untuk anda. Namun tidak sedikit perusahaan yang mungkin sesuai dengan kemampuan serta keahlian yang anda miliki. Pada dasarnya, sangat penting dibutuhkannya ketelitian untuk bisa mendapatkan  informasi yang mungkin sesuai dengan kriteria yang anda miliki saat ini.

Untuk beberapa orang, dalam proses mencari kerja hanya satu modal yang dibutuhkan, yakni untung-untungan. Itu memeng benar adanya, dan teruslah kalian untuk menggali keuntungan tersebut, dengan kerja keras serta doa yang selalu menyertai.

Berikut ada beberapa tips dalam mencari info tentang lowongan pekerjaan, simaklah dengan baik, mungkin ini bisa membatu kalian dalam proses mencari pekerjaan. Yaitu sebagai berikut:

1.  Sumber Informasi

Anda harus sebisa mungkin memanfaatkan sumber-sumber informasi yang ada di sekitar anda, seperti sekolah, kampus, dan fasilitas publik lainnya yang ada disekitar anda. Pada sekolah ataupun kampus, sebenarnya anda bisa saja mendapatkan info lowongan kerja pada lingkungan tersebut. Misalnya pada mading sekolah atau kampus, biasanya info-info semacam lowongan kerja selalu di tempel pada mading sekolah ataupun kampus. Selain pada mading sekolah atau kampus, anda juga bisa memanfaatkan informasi dari beberapa alumni, karna siapa tau alumni tersebut mempunyai info tentang lowongan pekerjaan.

2. Manfaatkan Hubungan Kedekatan

Selain untuk bersilaturahmi ataupun memperbanyak teman, hubungan kedekatanpun bisa anda gunakan sebagai sumber informasi untuk mencari info lowongan kerja. Anda bisa mencari info tersebut kepada siapa saja, yang punya hubungan dekat dengan diri anda. Dari sanalah anda bisa mendapatkan info lowongan kerja yang lebih akurat,  serta sedikit memudahkan anda untuk meraihnya. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah hindari praktek-praktek KKN, anda bisa memanfaatkan kedekatan anda sebatas untuk mencari informasi lowongan dan berbagi pengalaman lainnya.

3. Perluas Relasi

Jika anda mempunyai relasi, mungkin anda tidak akan menyia-nyiakan peluang kerja yang diberikan oleh relasi anda. Dari setiap relasi yang anda kenal, mungkin saja anda berpeluang besar dalam mendapatkan info lowongan kerja. Luaskanlah dunia anda, mulai dengan wawasan, pergaulan dan lingkungan disekitar anda, namun andapun harus pintar-pintar memilih dalam setip jalan yang anda tempuh, jangan sampai anda terjerumus dalam hal yang berbau negatif.

4. Tidak Cukup Hanya Dengan Iklan Koran

Memang benar, dalam setiap iklan koran, pasti banyak iklan-iklan yang menyrdiakan informasi tentang lowongan kerja, bahkan hampir setiap koran yang menyediakan berita tersebut. Namun, tidak sedikit dari beberapa iklan tersebut yang memasang info lowongan kerja tidak dengan faktanya. Anda harus benar-benar teliti, jangan sampai anda tertipu. Manfaatkan pula media lainnya seperti Radio, Televisi, Internet maupun menggunakan jasa pihak ke tiga.

Demikian beberapa tips yang dapat kami sampaikan, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anad. Dan satu hal yang harus kalian ingat, banyak penipuan yang bermoduskan lowongan kerja, jadi hati-hatilah serta waspada dalam setiap memilih pekerjaan.

Semoga kalian sukses, dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan serta keahlian yang anda miliki. Teruslah berusaha untuk masa depan anda, dan jangan lupa, sertai pula dengan do’a dalam setiap langkah anda.

“indojobhunter”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: