SMA/SMK Masih Memiliki Peluang Untuk Menjadi PNS

Kredit gambar: www.jakarta.go.id

Kredit gambar: http://www.jakarta.go.id

Untuk saat ini, bagi kalian lulusan SMA maupun SMK, kalian masing mempunyai peluang yang cukup besar untuk mendaftar menjadi CPNS. Dikarnakan, banyaknya pada dareah terisolir maupun pulau-pulau terluar yang masih kekurangan SDM yang berkualifikasi diploma maupun sarjana.

Ramli Naibaho, Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengutarakan. Bahwa pemerintah berkeinginan untuk meningkatkan mutu PNS dengan cara menetapkan standar diploma serta sarjana untuk para pelamar PNS.

Akan tetapi, langkah tersebut masih susah untuk dilakukan, apalagi dalam jangka-jangka waktu yang pendek ini. Dan mengingat hal dalam keterbatasan SDM pada daerah-daerah tertentu.

Pada RUU Aparatur Sipil Negara (ASN), beliau mengakui bahwasanya ada beberapa ketentuan diperuntukan untuk tenaga teknis tidak lagi harus dijadiak PNS. Namun diambil dari tenaga outsourching atau pegawai tidak tetap (PTT).

Akan tetapi, ketentuan tersebut tidaklah mengikat. Jika saja ada beberapa tenaga teknis yang tidak bisa diambil dari PTT atau outsourching, maka kebijakan tersebut dapat diberikan kepada lulusan-lulusan SMK, SMEA, SMA plus keahlian atau diploma.

Dan diartikan, bahwa pemda dapat mengajukan kebutuhannya pegawai teknis dari beberapa lulusan SMA sederajat. Akan tetapi, tidak seluruh pemda dapat mengajukan hal tersebut, hanya pemda dari daerah-daerah terpencil saja yang dapat mengajukannya.

Ramli menjelaskan lagi lebih lanjut, tidak akan ada larangan untyk instansi pusat maupun instansi daerah untuk mereka mengajukan penambahan pegawai pada masa moratorium ini.

Akan tetapi, instansi diminta oleh pihak pemerintah agar dapat menghitung kembali berapa kebutuhan pegawai yang riil. Jangan sampai daerah-daerah yang masih kekurangan guru seperti guru matematika maupun dokter mengajukannya nanti pada tahun 2013 ini, karena mereka berpikir ada moratorium, cetusnya kembali.

Dan untuk daerah-daerah yang saat ini kelebihan pegawai, beliau juga menghimbau agar daerah yang kelebihan pegawai jangan selalu menerima PNS baru, alangkah bijaknya jika kita lebih memberdayakan PNS yang saat ini ada.

dikutip dari indojobhunter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: