Ini Dia 5 Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit Meski Seharian di Kantor

Ilustrasi (Foto: thinkstock)

Jakarta, Bekerja seharian dari pukul 9 pagi hingga 5 sore (atau bahkan lebih) dapat memberikan efek tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika hanya duduk seharian. Bagaimana caranya agar tubuh tetap fit?

Menurut sebuah studi, Anda tidak perlu berhenti dari pekerjaan Anda agar tetap sehat. Berikut 5 cara menjaga kondisi tubuh tetap fit meskipun seharian bekerja di kantor, seperti dilansir Prevention, Rabu (5/6/2013):

1. Menyelipkan sedikit yoga
Tidak perlu ruangan yang besar, 15 menit yoga dapat dilakukan di kursi. Menurut jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, yoga dapat menenangkan dan membantu Anda merasa lebih baik.

Peserta penelitian dalam jurnal tersebut melakukan beberapa pose yoga, seperti menekukkan tubuh ke samping, menekukkan tubuh ke depan, dan menekukkan tubuh ke belakang. Lakukan gerakan tersebut masing-masing selama 6 kali napas penuh. Hasilnya? Secara signifikan mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

2. Sediakan makanan ringan yang sehat
Sebuah studi baru dalam jurnal Population Health Management menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tidak sehat dapat menyebabkan kemungkinan Anda akan menjadi kurang produktif sebesar 66 persen.

Oleh karena itu, sediakan camilan sehat dan rendah kalori seperti buah-buahan. Jangan lupa untuk jauhi camilan manis seperti permen atau cokelat, sebab ini justru meningkatkan berat badan.

3. Pelihara tanaman hijau
Para peneliti dari Texas A&M menemukan bahwa orang yang menyimpan vas bunga dengan tanaman hidup di meja mereka, atau memiliki ruang kantor dengan berbagai jenis tanaman hijau, lebih banyak menghasilkan ide kreatif. Sebaliknya, mereka yang di ruang kantornya memiliki jumlah tanaman hias terbatas umumnya memiliki ide kreatif yang lebih sedikit.

4. Tidur siang singkat
Peneliti dari Northwestern University menemukan bahwa tidur siang meskipun singkat setelah belajar dapat membantu Anda menyerap dan menyimpan informasi yang baru dipelajari tersebut.

Para ahli di Johns Hopkins Hospital Sleep Disorders Center juga mengungkapkan bahwa tidur siang secara singkat dapat memberikan kewaspadaan yang lebih besar selama beberapa jam. Selain itu, tidur siang juga dapat meningkatkan konsentrasi, akurasi, dan produktivitas.

5. Batasi waktu untuk duduk
Duduk sepanjang hari dapat meningkatkan risiko memburuknya kesehatan Anda. Kebiasaan ini juga meningkatkan berbagai risiko penyakit, seperti kanker dan diabetes tipe 2.

Sesekali cobalah untuk bangkit dan berdiri, atau berjalan-jalan. Peregangan singkat ini dapat mengistirahatkan bagian tubuh Anda yang terus- menerus menekuk saat duduk.

dikutip dari detikcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: