Ini Cara Bijak untuk Mengurangi Asupan Gula

Ilustrasi (Foto: thinkstock)

Jakarta, Jika dikonsumsi berlebihan, gula bisa membahayakan kesehatan Anda. Untuk itu ada baiknya maulai sekarang ini mengurangi asupan gula.

Mengidam gula sama-sama buruknya bagi pasien diabetes maupun non-diabetes. Konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah yang pada gilirannya bisa meningkatkan kemungkinan diabetes, penyakit jantung, osteoporosis dan kanker.

Bila terbiasa mengonsumsi yang manis-manis, tentu bukan perkara mudah untuk mengurangi asupan gula. Nah, berikut ini cara bijak yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi asupan gula seperti dikutip dari Boldsky, Rabu (5/6/2013):

1. Kurangi Gula Perlahan-lahan

Memangkas asupan gula memang tidak bisa dilakukan secara serta merta. Untuk itu, pelan-pelan saja melakukannya. Caranya mengurangi asupan gula adalah dengan mengurangi jumlah makanan yang mengandung gula. Misalnya jika setiap hari Anda makan dua batang cokelat, maka jumlahnya bisa dikurangi menjadi hanya satu batang.

2. Hindari Minuman Bergula

Hindarilah minuman bergula, termasuk di dalamnya adalah jus buah. Hindari juga menambahkan gula dalam minuman. Perlu diingat, gula dalam bentuk cairan lebih berbahaya karena langsung menuju ke aliran darah.

3. Kurangi Biskuit dan Permen

Gula dapat hadir dalam kehidupan Anda melalui biskuit dan permen. Konsumsi terlalu banyak makanan ini tentu saja membahayakan tubuh. Karenanya hindarilah makanan manis seperti itu dari daftar diet Anda.

4. Makanan yang Mengandung Pengawet

Makanan manis yang mengandung pengawet seperti selai dan jeli sangat kaya akan gula. Agar tak membahayakan tubuh, jangan kebanyakan makan selai dan jeli.

5. Hindari Yoghurt dengan Perasa

Yoghurt dengan perasa memang enak. Rasa buah-buahan yang dikandungnya membuat yoghurt semakin segar saat dokonsumsi. Tapi yoghurt dengan perasa dapat meningkatkan kadar gula darah. Untuk itu lebih baik hindari yoghurt dengan perasa, dan sebagai gantinya pilihlah yoghurt skim tanpa rasa.

6. Jus Buah Tanpa Tambahan Gula

Buah-buahan dan jus buah memiliki kandungan gula alami. Namun masih banyak saja orang yang menambahkan gula dalam jus buah agar rasanya lebih enak. Agar tetap sehat, sebaiknya biarkan jus buah Anda tetap natural tanpa tambahan gula.

7. Makan Buah Kering

Anda bisa mengontrol keinginan makan makanan manis dengan menambahkan buah kering yang sehat. Misalnya saja kurma, aprikot, atau almond.

8. Hindari Es Krim

Banyak orang yang menikmati es krim setelah makan besar. Rasanya memang enak, namun es krim yang kaya akan pemanis buatan sehingga meningkatkan kadar gula darah. Perlu diketahui juga, pemanis buatan dapat memicu bau mulut dan masalah gigi.

dikutip dari detikcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: