Hati-hati, Ini Penyebab Timbulnya Kantung ‘Mata Panda’

Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Jakarta, Lingkaran hitam di bawah mata dapat membuat penampilan seseorang tampak suram dan tidak menarik. Karena hal ini, mungkin orang harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk kecantikan penyamar ‘mata panda’.

Sebelum terlanjur mengalaminya, ada baiknya Anda berhati-hati dengan faktor penyebab lingkar hitam di bawah mata, seperti dilansir Boldsky, Senin (10/6/2013):

1. Make-up

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan rentan terhadap alergi, alergi mungkin menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Kulit di bawah mata adalah yang paling lentur dan inilah sebabnya jika Anda alergi, bagian ini yang paling terlihat jelas.

2. Penyakit

Anemia dan gangguan ginjal juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Jadi, jika Anda mengalami anemia atau menderita fungsi ginjal segeralah berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat-obatan. Ini tidak hanya akan menyembuhkan penyakit, tetapi juga mengurangi mata panda.

3. Kelelahan dan kurang tidur

Tekanan kerja berlebih bisa membuat Anda stres fisik dan mental, yang paling mudah tercermin dari mata. Kurang tidur dan kelebihan tidur juga bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

4. Dehidrasi

Dehidrasi juga merupakan salah satu penyebab lingkaran hitam. Kurangnya asupan cairan akan menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Ini secara signifikan mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata. Jadi minumlah banyak air dan tetap terhidrasi sepanjang hari.

5. Pigmentasi

Paparan sinar matahari berlebihan dapat meningkatkan pembentukan melanin di kulit. Ini merupakan bahan pewarna kulit yang dapat ditemukan lebih pada orang dengan warna kulit gelap. Melanin juga dapat menyebabkan bercak kulit gelap di bawah mata. Jadi memakai kacamata hitam atau menggunakan tabir surya sebelum Anda melangkah keluar rumah efektif untuk mencegah mata panda.

dikutip dari detikcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: