Ini Dia 10 Negara Paling Ramah Ibu

Stockholm, Selain ada negara yang terkenal dengan ramah lingkungan, ada juga negara yang ramah ibu lho. Beberapa waktu lalu baru saja diumumkan 10 peringkat teratas di dunia untuk negara yang memiliki predikat baik sebagai negara yang ramah ibu.

Dikutip dari The Local, Selasa (14/5/2013 ) pemeringkatan ini diterbitkan pada Selasa pekan lalu oleh organisasi Save the Children (Radda Barnen) dan juga organisasi baru Birth Day Risk Index. Lembaga tersebut memberikan peringkat pada 186 negara yang bersaing untuk mana negara yang paling aman dan paling berbahaya untuk melahirkan.

Nah, dalam urutan ini Finlandia terdaftar sebagai negara urutan teratas dan nyaris diungguli oleh Swedia di mana risiko wanita meninggal akibat kasus yang berhubungan dengan kehamilan hanya 1 di antara 14.100. Sebagai perbandingan, di Republik Demokratik Kongo, setiap 30 wanita diprediksi meninggal akibat hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan.

Negara-negara tetangga Swedia pun turut mendapat predikat yang baik seperti Norwegia diperingkat ketiga dan Denmark diperingkat enam. Sementara itu diketahui 10 negara terbawah yang aman bagi ibu adalah negara-negara yang berada di sub-Sahara Afrika.

Save The Children menunjuk sepuluh negara yang berhasil berdasarkan nilai yang tinggi dalam hal kesehatan ibu, status pendidikan, ekonomi dan politik. Penelitian menyatakan bahwa 3 juta anak dalam 1 bulan meninggal setiap tahunnya ketika dilahirkan, padahal sebagian besar penyebabnya dapat dicegah, serta lebih dari sepertiga bayi meninggal pada hari pertama kehidupan mereka.

Save The Children menambahkan bahwa tiga perempat dari kematian ini bisa dicegah. Ini dapat dilakukan dengan memperkuat sistem kesehatan, pelatihan tenaga kesehatan lebih banyak, dan dengan membuat solusi yang mudah diterapkan tersedia untuk setiap ibu dan bayi yang baru lahir yang membutuhkan.

Nah, ini dia 10 negara terbaik untuk Ibu:

1. Finlandia
2. Swedia
3. Norwegia
4. Islandia
5. Belanda
6. Denmark
7. Spanyol
8. Belgia
9. Jerman
10. Australia

Sedangkan dalam peringkat ini Inggris menempati urutan 23 dan Amerika Serikat berada di urutan 30.

dikutip dari detikcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: