Musang King, Durian Asli Malaysia yang Paling Diincar Turis

 

 

img

Musang King, durian nikmat asli Malaysia (Daru/ detikTravel)

 

  • gb
  • gb
  • gb

 

Kuala Lumpur – Bukan cuma Medan atau Bangkok yang jadi tujuan wisatawan saat ingin mencicipi durian. Ibukota Malaysia yakni Kuala Lumpur juga punya varietas durian asli, namanya Musang King. Buah ini kini jadi incaran para wisatawan!

“Warga Malaysia menyebut durian sebagai raja dari dinasti buah-buahan. Menarik bukan?” tutur Noorsahin, warga asli Malaysia yang menemani detikTravel berkeliling Kuala Lumpur beberapa waktu lalu.

Jika bosan ke mal, lanjut Noorsahin, ada baiknya Anda mencicipi durian asal Malaysia. Namanya Musang King, yang berbeda varietas dengan durian Medan atau Monthong sekalipun. Di tengah perjalanan, Noorsahin bercerita tentang adat memakan durian di Malaysia.

“Musang King berbeda dengan durian Monthong dari Thailand atau dari Indonesia. Musang King merupakan durian yang selain rasanya yang manis, daging buahnya juga tebal dengan tekstur lembut. Warna daging buahnya kekuningan agak kering mirip kunyit,” imbuh Noorsahin.

Musang King hanya boleh dimakan saat buahnya matang dengan sendirinya. Tidak boleh dipetik. Menurut Noorsahin, kalau meemtik langsung dari pohonnya, konon rasanya akan hambar meski telah berwarna kuning.

“Jadi harus menunggu buah durian ini jatuh sendiri dari pohonnya. Baru kita bisa memakannya,” tambah Noorsahin.

Nah, yang harus diperhatikan, wisatawan tak boleh minum alkohol seperti vodka atau anggur sekalipun. Noorsahin memperingatkan, Anda bisa mabuk berat bahkan tak sadarkan diri kalau makan Musang King usai minum alkohol!

Untuk mencicipi durian khas Malaysia ini, bertolaklah ke Jalan Alor di Kuala Lumpur. Hanya 5 menit berjalan kaki dari stasiun monorail Bukit Bintang. Di sepanjang jalan ini banyak penjual makanan. Maklum, Jalan Alor memang jadi pusat kuliner malam. Meja dan kursi makan memenuhi jalanan.

Noorsahin berhenti di sebuah kios yang menjajakan durian. Si penjual memberikan durian berukuran bola sepak takraw, kemudian membukanya. Wangi durian dan warna buahnya memang menggoda.

Saat dicoba, nyammm.. Benar seperti yang dikatakan Noorsahin, durian ini sangat lembut. Tekstur dagingnya tebal dan rasa manisnya cukup kuat.

“Harganya berbeda-beda lho. Musang King ada yang 20 RM (Rp 62.000) sampai 25 RM per kilonya (Rp 78.000),” ungkap Noor.

Nama Musang King konon diambil dari sebuah gua di Kelantan. Namanya Gua Musang. Tapi yang paling membuatnya terkenal tentu saja rasa dan aromanya. Baunya harum namun tidak menyengat. Dagingnya tebal dan bijinya kecil dan tak mengandung terlalu banyak air.

Dari rasanya, durian ini memang sulit ditulis dengan kata-kata. Memang berbeda dengan durian Medan atau Petruk di Indonesia. Coba saja sendiri kalau sedang berkunjung ke Kuala Lumpur dan sekitarnya!

dikutip dari detikcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: